Rabu, 16 April 2008

Flood di Server HTTP + Crontab

Wah, sepertinya penggemar server download saya merupakan pemakai download accelerator semuanya. Seperti yang saya tulis sebelumnya, ada sedikit resource abuse yang dialami server saya entah itu sengaja atau tidak, sehingga saya terpaksa menerapkan sekrip firewall untuk ngeblok flood request ke port http. Tapi kemudian saya pikir saya tidak perlu ngeblok ip address host tertentu selamanya, mungkin hanya sejenis penalty saja, bahwa host tersebut akan diblok selama rentang waktu tertentu (saya sudah menetapkan yaitu selama 30 menit saja).

Yang saya lakukan adalah mengedit Crontab, dengan perintah "crontab -e". Lalu tambahkan baris berikut:

30 * * * * /sbin/pfctl -t abusehost -T flush



Catatan:


* 30 * * * * menyatakan bahwa setiap 30 menit, baris crontab ini akan dieksekusi.

* /sbin/pfctl -t abusehost -T flush adalah perintah yang dieksekusi setiap 30 menit tersebut. Perintah ini akan memflush semua ip address yang dicatat dalam table abusehost, sehingga tiap kali diflush, table ini akan kosong kembali.

Tidak ada komentar: